Laman

Selasa, 21 Juni 2011

Sistem Multimedia


RESUME MEDIA PEMBELAJARAN Karya : PROF. DR. AZHAR ARSYAD , M. A.




RESUME
MEDIA PEMBELAJARAN
Karya :
PROF. DR. AZHAR ARSYAD , M. A.
KATA PENGANTAR
Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Puji syukur Al Hamdulillah kami panjatkan kehadirat allah SWT. Atas seluruh anugrah dan nikmat yang di berikannya dan atas rahmatnya jualah kami dapat menyelesaikan, RESUME MEDIA PEMBELAJARAN Karya, PROF. DR. AZHAR ARSYAD, M. A. dalam rangka memenihi tugas media pembelajaran P A I.
Salawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad S A W. rasul yang terahir yang telah membawa kita dari alam jahiliyah menuju alam ilmiyah yang penuh barakah ini.
Penulisan resume ini tidak terlepas dari jasa, dukungan dan bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih atas segala partisipasinya dalam penyusunan resume ini semoga allah membalasnya dengan balasan yang setimpal dan kami berharap semoga resume ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan memiliki nilai kontribusi bagi para pembaca dalam mempelajari media pembelajaran .
Billahitaufiq Wal -hidayah
Assalamu alaikum Wr. Wb.


I . PENGERTIAN MEDIA
A. Pendahuluan
B. Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti “tengah , “ perantara’, atau ‘ pengantar dalam bahasa arab media berarti perantara. Atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan . gerlach & Ely ( 1971) mengatakan bahwa mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia , materi , atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan , keterampulan , atau sikap ,Dalam pengertian ini guru , buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus , pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat – alat grafis , fhotografis , atau elektrones untuk menangkap , memperoses , dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.
Adapun pengertian media menurut sebagian para ahli diantaranya :
1). Fleming ( 1987: 234) beliau mengartikan media adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikannya.
2). Heinich , dan kawan – kawannya mengemukakan Istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima . jadi seperti telivisi , foto , radio , rekaman audio , gambar yang diproyeksikan , bahan – bahan cetakan dan sejenisnya . adalh media komoni kasi
3). Hamijojo dalam latuheru ( 1993) memberi batasan media sebagai semua bentuk perantara yang di gunakan oleh manusia untiuk menyampaikan atau menyampaikan ide, , gagasan atau pendapat. Sehingga ide , gagasan dan pendapat itu sampai kepada penerima yang dituju.
Secara implisit Gagne dadn Briggs ( 1975) mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunkan untuk menyampaikan isi materi pengajaran , yang terdiri antara lain buku , tape recorde, kaset video camera , vodio recorder, film slide ( gambar bingkai ) , Foto gambar , grafik , telivisi dan computer . Dengan kata lain , Media adalah komponen sumber belajar atau wahan fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. ,
C. Landasan Teoritis Penggunaan Media Pendidikan
Pemerolehan pengetahuan dan keterampilan ,perubahan –perubahan sikap dan perilaku dapat terjadi karena interaksi antara pengalaman baru dangan pengalaman yang pernah dialami sebelumnya . menurut bruner (1966:10-11 ) ada tiga tingkatan utama modus belajar , yaitu pengalaman langsung (enactive ), pengalaman pictorial /gambar (iconic )dan pengalaman abstrak (symbolic ), ketiga tingkat pengalaman ini saling berinteraksi dalam upaya memperoleh pengalaman , (pengetahuan , keterampiln atau sikap ) yang baru.
D. Ciri – Ciri Media Pendidikan
a. Ciri fiksatif
Cirri ini mengambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek .sehingga dengan ciri fiksatif ini media memungkinkan suatu rekaman kejadian atau objek yang terjadi pada suatu waktu tertentu ditransportasikan tampa mengenal waktu .
b. Ciri Manipulatif
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki cirri manipulatif .kejadian yang memakan waktu berhari- hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan tehnik pengambilan gambar time- lapse recording . misalnya bagaimana proses larva menjadi kepongpong kemudian menjadi kupu- kupu dapat dipercepat dengan tehnik rekaman fotografi tersebut .
c. Ciri Distributif
Cirri distributive dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang ,dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswadengan stimulus pengalaman yang relative sama mengenai kejadian itu.

II
II. FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN
Salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat Bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Hamalik (1986 )mengemukakan bahwa poemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitrkan keinginan dan minat yang baru membangkitkan motifasi dan rangsangan kegiatan belajar , dan bahkan membawa pengaruh- pengaruh psikologis terhadap siswa.
Levie dan lentz (1982)mengemukakan empat fungsi media pembelajaran , khususnya media visual yaitu
a. Fungsi atensi
Yaitu Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan ma’na visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b. Fungsi afektif
Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar ( atau membaca) teks yang bergambar .
c. Fingsi kgnitif
Media fisual terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkqandung dalam gambar.
d. Funfsi kompensatoris
Media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
Media pembel;ajaran menurut kempdan Dayton (1985;3-4) dapat memenuhi tiga fingsi utama ,yaitu (1) memotifasi minat dan tidakan (2) menyajikan informasi (3) memberi instruksi
Encyclopedia of educational research dalam hamalik (1994:15) merincikan mamfaat media pendidikan sebagai berikut :
a. Meletakkan dasar yang kongkret untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.
b. Meoerbesar perhatian siswa.
c. Meletakkan dasar- dasar yang penting untuk perkembangan belajar , oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantab.
d. Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan siswa.
e. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan konnyu, terutama melalui gambar hidup.
f. Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
g. Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain ,dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.

III
III. PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dalam perkembangannya media pembelajaran mengikuti perkembangan tehnologi. Berdasarkan perkembangan tehnologi tersebut media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok;
(1) media hasil tehnologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi , seperti buku, foto, grafik. Tehnologi cetak mempunyai cirri-ciri sebagai berikut;
a. Teks dibaca secara linear ,sedangkan visual diamati berdasarkan ruang;
b. Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif;
c. Teks dan visual ditampilkan statis (diam );
d. Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual;
e. Baik teks maupun visual beorientasi (berpusat ) pada siswa;
f. Informasi dapat diatur kembali atau didata ulang oleh pemakai.
(2) media hasil tehnologi audio visual adalah cara menghasilkan atau menympaikan materi dengan menggunakan mesin- mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Sedangkan ciri- cirri utama tehnologi media audio visual adalah sbb.;
*Mereka biasanya bersifat linear;
*Mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis;
*Merka digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/ pembuatnya;
*Mereka merupakan repsentasi fisik dari gagasan rial atau gagasan abstrak;
*Mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif;
*Umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murit yang rendah

(3) media hasil tehnologi yang berdasarkan computer adalah merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber- sumber yang berbasis mikro –prosesor.(dalam media ini materi/informasi disimpan dalam bentuk digital bukan cetak atau visual ) adapun beberapa cirri media yang dihasilakan tehnologi berbasis computer (baik perangkat keras atau lunak ) adalah sbb.;
Ø Mereka dapat digunakan secara acak,non sekwensial, atau secara linear;
Ø Mereka dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang /pengembang sebagai mana di rencanakannya;
Ø Biasanya gagasan –gaaagasan yang disa jikan dalam gaya abstrak dengan kata- kata symbol dan grafik; prinsip- prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini;
Ø Pembelajaran dapat berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi.
(4) media hasil gabungan tehnologi cetak dan computer.adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh computer.adapun beberapa cirri utama tehnologi berbasis computer adalah sebagai berikut;
Þ Ia dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear;
Þ Ia dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan hanya dengan cara yang direcanakan dan dirancang oleh perancangnya;
Þ Gagasan –gagasan sering disajikan secara realistic dalam konteks pengalaman siswa ,menurut apa ,yang relefan dengan siswa ,dan dibawah pengendalian siwa;
Þ Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran;
Þ Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikusai jika pelajaran itu ndigunakan;
Þ Bahan –bahan pelajaran melibatkan banyak interaktifitas siswa;
Þ Bahan –bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.

IV
IV. PEMILIHAN MEDIA
Pada tingkat yang menyeluruh dan umum pemilihan media dapat dilakukan dengan mempertimbangkan factor- factor berikut:
1. hambatan pengembangan dan pembelajaran yang meliputi fakto- factor dana, fasilitas dan peralatan yang telah tersedia, waktu yang tersedia (waktu mengajar dan pengembangan materi dan media ), sumber –sumber yang tersedia (manusia dam material );
2. persyaratan isi, tugas dan jenis pembelajaran.isi pelajaran beragam dari sisi tugas yang ingin dilakukan siswa, misalnya penghafalan , penerapan keterampilan atau penalaran dan pemikiran tingkatan yang lebih tinggi. Setiap katagori pembelajaran itu menuntut perilaku yang berbeda –beda dan dengan demikian akan memerlukan tehnik dan media penyajian yang berbeda pula;
3. hambatan dari sisi siswa dengan mempertimbangkan kemampuan dan keterampilan awal, sepertimembaca , mengetik dan menggunakan computer, dan karakteristik siswa lainnya.
4. pertimbangan lainnya adalah tingkat kesenangan (preferensi lembaga, guru,dan pelajar) dan keefektifan biaya;
5. pemilihan media sebaiknya mempertimbangkan pula :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar